31 August 2009

Ramadhan




KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN

1. Dari Abu Hurairah: Adalah Rasulullah SAW memberi khabar gembira kepada para sahabatnya dengan bersabda, "Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa didalamnya; pada bulan ini pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikannya maka dia tidak memperoleh apa-apa'." (HR. Ahmad dan An-Nasa'i)

2. Dari Ubadah bin AshShamit, bahwa Rasulullah bersabda:

"Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan keberkahan, AIlah mengunjungimu pada bulan ini dengan menurunkan rahmat, menghapus dosa-dosa dan mengabulkan do'a. Allah melihat berlomba-lombanya kamu pada bulan ini dan membanggakanmu kepada para malaikat-Nya, maka tunjukkanlah kepada Allah hal-hal yang baik dari dirimu. Karena orang yang sengsara ialah yang tidak mendapatkan rahmat Allah di bulan ini. " (HR.Ath-Thabrani, dan para periwayatnya terpercaya).

Al-Mundziri berkata: "Diriwayatkan oleh An-Nasa'i dan Al-Baihaqi, keduanya dari Abu Qilabah, dari Abu Hurairah, tetapi setahuku dia tidak pemah mendengar darinya."

3. Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alahi wasallam bersabda:

"Umatku pada bulan Ramadhan diberi lima keutamaan yang tidak diberikan kepada umat sebelumnya, yaitu: bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada aroma kesturi, para malaikat memohonkan ampunan bagi mereka sampai mereka berbuka, Allah Azza Wa Jalla setiap hari menghiasi Surga-Nya lalu berfirman (kepada Surga),'Hampir tiba saatnya para hamba-Ku yang shalih dibebaskan dari beban dan derita serta mereka menuju kepadamu, 'pada bulan ini para jin yang jahat diikat sehingga mereka tidak bebas bergerak seperti pada bulan lainnya, dan diberikan kepada ummatku ampunan pada akhir malam. "Beliau ditanya, 'Wahai Rasulullah apakah malam itu Lailatul Qadar' Jawab beliau, 'Tidak. Namun ovang yang beramal tentu diberi balasannya jika menyelesaikan amalnya.' " (HR. Ahmad)'"

Isnad hadits tersebut dha'if, dan di antara bagiannya ada nash-Nash lain yang memperkuatnya.

KEUTAMAAN PUASA

1. Dalil :

Diriwayatkan dalam Shahih Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, bahwa Nabi bersabda:

"Setiap amal yang dilakukan anak Adam adalah untuknya, dan satu kebaikan dibalas sepuluh kali lipatnya bahkan sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Ta'ala berfirman, 'Kecuali puasa, itu untuk-Ku dan Aku yang langsung membalasnya. la telah meninggalkan syahwat, makan dan minumnya karena-Ku.' Orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika berjumpa dengan Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang berpuasa lebih harum daripada aroma kesturi."

2. Bagaimana ber-taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah?

Perlu diketahui, bahwa ber-taqarrub kepada Allah tidak dapat dicapai dengan meninggalkan syahwat ini -yang selain dalam keadaan berpuasa adalah mubah- kecuali setelah ber-taqarrub kepada-Nya dengan meninggalkan apa yang diharamkan Allah dalam segala hal, seperti: dusta, kezhaliman dan pelanggaran terhadap orang lain dalam masalah darah, harta dan kehormatannya. Untuk itu, Nabi bersabda : "Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dan perbuatan dusta maka Allah tidak butuh dengan puasanya dari makan dan minum." (HR. Al-Bukhari).

Inti pernyataan ini, bahwa tidak sempurna ber-taqarrub kepada Allah Ta'ala dengan meninggalkan hal-hal yang mubah kecuali setelah ber-taqarrub kepada-Nya dengan meninggalkan hal-hal yang haram.

Dengan demikian, orang yang melakukan hal-hal yang haram kemudian ber-taqarrub kepada Allah dengan meninggalkan hal-hal yang mubah, ibaratnya orang yang meninggalkan hal-hal yang wajib dan ber-taqarrub dengan hal-hal yang sunat.

Jika seseorang dengan makan dan minum berniat agar kuat badannya dalam shalat malam dan puasa maka ia mendapat pahala karenanya. Juga jika dengan tidurnya pada malam dan siang hari berniat agar kuat beramal (bekerja) maka tidurnya itu merupakan ibadah.

Jadi orang yang berpuasa senantiasa dalam keadaan ibadah pada siang dan malam harinya. Dikabulkan do'anya ketika berpuasa dan berbuka. Pada siang harinya ia adalah orang yang berpuasa dan sabar, sedang pada malam harinya ia adalah orang yang memberi makan dan bersyukur.

3. Syarat mendapat pahala puasa :

Di antara syaratnya, agar berbuka puasa dengan yang halal. Jika berbuka puasa dengan yang haram maka ia termasuk orang yang menahan diri dari yang dihalalkan Allah dan memakan apa yang diharamkan Allah, dan tidak dikabulkan do'anya.

Orang berpuasa yang berjihad :

Perlu diketahui bahwa orang mukmin pada bulan Ramadhan melakukan dua jihad, yaitu :

*
o Jihad untuk dirinya pada siang hari dengan puasa.

*
o Jihad pada malam hari dengan shalat malam.

Barangsiapa yang memadukan kedua jihad ini, memenuhi segala hak-haknya dan bersabar terhadapnya, niscaya diberikan kepadanya pahala yang tak terhitung. Lihat Lathaa'iful Ma 'arif, oleh Ibnu Rajab, him. 163,165 dan 183.

Pks

Asww.
DPP Partai Keadilan Sejahtera akan konsisten untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan menyejahterakan rakyat di bawah kepemimpinan presiden dan wakil presiden terpilih, Soesilo Bambang Yudhoyono-Boediono, hingga akhir periode kabinet 2009-2014.

Juru bicara PKS, Mabruri, Senin 31 Agustus 2009, mengungkapkan komitmen itu pada pemerintahan SBY-Boediono sesungguhnya merupakan esensi dari kontrak kerja dan politik yang telah diteken sebelum Pemilu 2009.

Untuk mencapai pemerintahan yang bersih dan menyejahterakan rakyat, PKS akan terus mendorong kabinet sampai benar-benar profesional. “Kami akan mengirimkan orang-orang terbaik PKS untuk memimpin departemen, kalau kami diminta (SBY),” kata Mabruri.

PKS menginginkan kabinet pemerintahan SBY-Boediono berhasil menjalankan pemerintahan yang efektif yang efisien. Sebab, kata Mabruri, hanya dengan begitu, tingkat korupsi di Indonesia dapat ditekan. “Sebab, kalau dihilangkan (korupsi), kan agak susah,” katanya.

Langkah PKS untuk mendorong pencapaian itu, antara lain, mengadakan komunikasi yang intensif dengan Partai Demokrat dan partai mitra koalisi yang mendukung SBY-Boediono.

“Kan kami sepakat dalam kontrak kerja, kami berkoalisi di kabinet, parlemen, dan lembaga presiden. Ini harus lebih baik dari kemarin,” katanya. “Kalau komunikasi sudah baik, insyallah akan membaik.”

Isi kontrak partai mitra koalisi dengan SBY-Boediono sebelum Pemiliihan Presiden, antara lain, pertama aturan main koalisi di pemerintahan, kedua aturan main koalisi di parlemen, ketiga program kebijakan pemerintahan koalisi di bidang politik, ekonomi, sosial budaya, dan hubungan luar negeri, dan keempat menyetujui mekanisme komunikasi koalisi.

30 August 2009

Asww


Sebelum memeluk agama Islam, ia adalah seorang pendeta agama Katolik Roma dan menjadi kepala bidan pendidikan agama di sekolah khusus anak laki-laki di selatan London. Bulan Ramadan menjadi bulan penuh kenangan bagi lelaki yang kemudian menggunakan nama Idris Tawfiq ini, karena pada bulan suci itulah ia menemukan Islam dan memeluk agama Islam hingga sekarang.

Di Inggris, kata Idris, semua siswa menerima pelajaran tentang enam agama utama yang dianut masyarakat dunia. Sebagai kepala bidang pendidikan agama, Idris yang ketika itu belum masuk Islam bertanggungjawab untuk memberikan mata pelajaran tentang agama Kristen, Yudaisme, Budha, Islam, Sikh dan Hindu. Ia hanya menjelaskan perbedaan keenam agama tersebut dan tidak mereferensikan siswanya untuk memeluk salah satu dari keenam agama tersebut.

Idris tentu saja harus membaca berbagai informasi tentang Islam sebelum memberikan pelajaran tentang agama Islam pada para siswanya. Karena pernah berkunjung ke Mesir dan melihat sendiri bagaimana kehidupan masyarakat Muslim, Idris mengaku respek dengan Muslim yang menurutnya ramah dan lembut. Di sekolahnya sendiri, sebagian siswanya adalah Muslim dan banyak dari mereka yang berasal dari negara-negara Arab.

Idris ingat, beberapa hari sebelum bulan Ramadan, beberapa siswanya yang Muslim mendekatinya dan bertanya apakah mereka bisa menggunakan kelas Idris untuk keperluan salat, kebetulan kelas tempat Idris mengajar berkarpet dan memiliki wastafel. Meski peraturan sekolah di Inggris saat itu tidak memberi ijin siswa untuk melaksanakan peribadahan di sekolah.

Idris mengijinkan permintaan siswanya itu. Tapi kepala sekolah mengharuskan seorang guru hadir untuk mengawasi kelasnya saat digunakan untuk salat. "Saya belum menjadi seorang muslim ketika itu, tapi Allah bekerja dengan caranya yang sangat istimewa, memberikan contoh-contoh sederhana dalam kehidupan untuk membuat keajaiban dalam hidup kita," tukas Idris.

Maka, selama bulan Ramadan itu, pada waktu makan siang, Idris duduk di belakang menyaksikan siswanya yang Muslim salat dzuhur, ashar dan salat jumat berjamaah. Apa yang dilihatnya ternyata menjadi pembuka jalan bagi Idris untuk mengenal Islam. Idris jadi tahu bagaimana seorang Muslim salat dan ia bisa mengingat beberapa bacaan salat meksi ia tak paham artinya. Oleh sebab itu, usai Ramadan, Ia tetap membolehkan siswanya yang Muslim untuk salat di dalam kelasnya sampai Ramadan tahun berikutnya.

Kali ini, Idris yang masih belum masuk Islam, ikut berpuasa sebagai bentuk solidaritas terhadap siswanya yang menjalankan ibadah puasa Ramadan. Ketika itulah keinginannya untuk masuk Islam semakin kuat dan setelah bulan Ramadan itu, Idris memutuskan untuk mengucapkan dua kalimat syahadat, menjadi seorang Muslim.

"Alhamdulillah, saya menjadi seorang muslim. Tapi itu cerita lain. Apa yang dicontohkan para siswa saya yang Muslim telah membawa saya menjadi seorang muslim. Sejak itu, saya ikut salah berjamaah bersama mereka, sebagai soerang mualaf," ungkap Idris.

Ramadan tahun berikutnya adalah Ramadan pertama bagi Idris sebagai seorang Muslim. "Ramadan pertama itu sangat istimewa. Di akhir bulan Ramadan, saya bersama para siswa menggelar buka puasa bersama. Untuk meraih malam Lailatul Qadar, saya bersama para siswa itikaf di sekolah," kenang Idris tentang Ramadan pertamanya.

Usai jam sekolah saat Ramadan, sambil menunggu waktu berbuka, Idris dan para siswanya yang Muslim menyaksikan film bersama tentang kehidupan Rasulullah Saw. Usai salat maghrib berjamaah, mereka membuka bekal makananan dan minuman masing-masing yang dibawa dari rumah dan saling berbagai dengan yang lainnya.

Saat Idris menjalankan ibadah puasa Ramadan pertamanya sebagai Muslim, ketika itu masyarakat Inggris sedang dilanda Islamofobia karena baru saja terjadi peristiwa serangan 11 September 2001 di AS. Banyak warga Inggris yang curiga pada Islam dan Muslim. Tapi alhamdulillah, beberapa guru non-Muslim di sekolahnya datang dan mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Kepala sekolah bahkan membawakan mereka kurma untuk berbuka, karena dari siswanya yang Muslim ia tahu bahwa Rasulullah Muhammad Saw selalu berbuka dengan makan kurma.

Idris mengakui, menjalankan ibadah puasa Ramadan di negara non-Muslim tidak mudah. "Seringkali kita menjadi satu-satunya orang yang berpuasa. Setelah berbuka, tidak ada kegiatan istimewa apalagi kalau letak masjid sangat jauh," ujar Idris.

"Tapi, malam-malam di Ramadan pertama saya sebagai muslim adalah malam yang sangat istimewa yang tidak akan saya lupakan. Saya bisa menyampaikan pesan Islam pada semua yang hadir disana bahwa Ramadan adalah bulan yang penuh kegembiraan dan penuh persaudaraan yang sangat menyentuh hati kita, Alhamdulillah," tukas Idris menutup kisah pengalaman Ramadan pertamanya sebagai seorang yang baru masuk Islam.

28 August 2009

Hukum khitan


Ajaran Khitan dalam Islam

Sungguh komplit ajaran Islam. Dari yang dikira hal sepele sampai yang yang 'puenting'. Bahkan seringkali saat ini baru ditemukan sisi lain manfaatnya.


Khitan secara bahasa artinya memotong. Secara terminologis artinya memotong kulit yang menutupi alat kelamin lelaki (penis). Dalam bahasa Arab khitan juga digunakan sebagai nama lain alat kelamin lelaki dan perempuan seperti dalam hadist yang mengatakan "Apabila terjadi pertemuan dua khitan, maka telah wajib mandi" (H.R. Muslim,Tirmidzi dll.).

Dalam agama Islam, khitan merupakan salah satu media pensucian diri dan bukti ketundukan kita kepada ajaran agama. Dalam hadist Rasulullah s.a.w. bersabda:"Kesucian (fitrah) itu ada lima: khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memendekkan kumis dan memotong kuku" (H.R. Bukhari Muslim).

Faedah khitan: Seperti yang diungkapkan para ahli kedokteran bahwa khitan mempunyai faedah bagi kesehatan karena membuang anggota tubuh yang yang menjadi tempat persembunyian kotoran, virus, najis dan bau yang tidak sedap. Air kencing mengandung semua unsur tersebut. Ketika keluar melewati kulit yang menutupi alat kelamin, maka endapan kotoran sebagian tertahan oleh kulit tersebut. Semakin lama endapan tersebut semakin banyak. Bisa dibayangkan berapa lama seseorang melakukan kencing dalam sehari dan berapa banyak endapan yang disimpan oleh kulit penutup kelamin dalam setahun. Oleh karenanya beberapa penelitian medis membuktikan bahwa penderita penyakit kelamin lebih banyak dari kelangan yang tidak dikhitan. Begitu juga penderita penyakit berbahaya aids, kanker alat kelamin dan bahkan kanker rahim juga lebih banyak diderita oleh pasangan yang tidak dikhitan. Ini juga yang menjadi salah satu alasan non muslim di Eropa dan AS melakukan khitan.

Hukum Khitan

Dalam fikih Islam, hukum khitan dibedakan antara untuk lelaki dan perempuan. Para ulama berbeda pendapat mengenai hukum khitan baik untuk lelaki maupun perempuan.

Hukum khitan untuk lelaki:

Menurut jumhur (mayoritas ulama), hukum khitan bagi lelaki adalah wajib. Para pendukung pendapat ini adalah imam Syafi'i, Ahmad, dan sebagian pengikut imam Malik. Imam Hanafi mengatakan khitan wajib tetapi tidak fardlu.

Menurut riwayat populer dari imam Malik beliau mengatakan khitan hukumnya sunnah. Begitu juga riwayat dari imam Hanafi dan Hasan al-Basri mengatakan sunnah. Namun bagi imam Malik, sunnah kalau ditinggalkan berdosa, karena menurut madzhab Maliki sunnah adalah antara fadlu dan nadb. Ibnu abi Musa dari ulama Hanbali juga mengatakan sunnah muakkadah.

Ibnu Qudamah dalam kitabnya Mughni mengatakan bahwa khitan bagi lelaki hukumnya wajib dan kemuliaan bagi perempuan, andaikan seorang lelaki dewasa masuk Islam dan takut khitan maka tidak wajib baginya, sama dengan kewajiban wudlu dan mandi bisa gugur kalau ditakutkan membahayakan jiwa, maka khitan pun demikian.

Dalil yang Yang dijadikan landasan bahwa khitan tidak wajib.
1. Salman al-Farisi ketika masuk Islam tidak disuruh khitan;
2. Hadist di atas menyebutkan khitan dalan rentetan amalan sunnah seperti mencukur buku ketiak dan memendekkan kuku, maka secara logis khitan juga sunnah.
3. Hadist Ayaddad bib Aus, Rasulullah s.a.w bersabda:"Khitan itu sunnah bagi lelaki dan diutamakan bagi perempuan. Namun kata sunnah dalam hadist sering diungkapkan untuk tradisi dan kebiasaan Rasulullah baik yang wajib maupun bukan dan khitan di sini termasuk yang wajib.

Adapun dalil-dalil yang dijadikan landasan para ulama yang mengatakan khitan wajib adalah sbb.:

1. Dari Abu Hurairah Rasulullah s.a.w. bersabda bahwa nabi Ibrahim melaksanakan khitan ketika berumur 80 tahun, beliau khitan dengan menggunakan kapak. (H.R. Bukhari). Nabi Ibrahim melaksanakannya ketika diperintahkan untuk khitan padahal beliau sudah berumur 80 tahun. Ini menunjukkan betapa kuatnya perintah khitan.

2. Kulit yang di depan alat kelamin terkena najis ketika kencing, kalau tidak dikhitan maka sama dengan orang yang menyentuh najis di badannya sehingga sholatnya tidak sah. Sholat adalah ibadah wajib, segala sesuatu yang menjadi prasyarat sholat hukumnya wajib.

3. Hadist riwayat Abu Dawud dan Ahmad, Rasulullah s.a.w. berkata kepada Kulaib: "Buanglah rambut kekafiran dan berkhitanlah" . Perintah Rasulullah s.a.w. menunjukkan kewajiban.

4. Diperbolehkan membuka aurat pada saat khitan, padahal membuka aurat sesuatu yang dilarang. Ini menujukkan bahwa khitab wajib, karena tidak diperbolehkan sesuatu yang dilarang kecuali untuk sesuatu yang sangat kuat hukumnya.

5. Memotong anggota tubuh yang tidak bisa tumbuh kembali dan disertai rasa sakit tidak mungkin kecuali karena perkara wajib, seperti hukum potong tangan bagi pencuri.

6. Khitan merupakan tradisi mat Islam sejak zaman Rasulullah s.a.w. sampai zaman sekarang dan tidak ada yang meninggalkannya, maka tidak ada alasan yang mengatakan itu tidak wajib.

Khitan untuk perempuan

Hukum khitan bagi perempuan telah menjadi perbincangan para ulama. Sebagian mengatakan itu sunnah dan sebagian mengatakan itu suatu keutamaan saja dan tidak ada yang mengatakan wajib.

Perbedaan pendapat para ulama seputar hukum khitan bagi perempuan tersebut disebabkan riwayat hadist seputar khitan perempuan yang masih dipermasalahkan kekuatannya.

Tidak ada hadist sahih yang menjelaskan hukum khitan perempuan. Ibnu Mundzir mengatakan bahwa tidak ada hadist yang bisa dijadikan rujukan dalam masalah khitan perempuan dan tidak ada sunnah yang bisa dijadikan landasan. Semua hadist yang meriwayatkan khitan perempuan mempunyai sanad dlaif atau lemah.

Hadist paling populer tentang khitan perempuan adalah hadist Ummi 'Atiyah r.a., Rasulllah bersabda kepadanya:"Wahai Umi Atiyah, berkhitanlah dan jangan berlebihan, sesungguhnya khitan lebih baik bagi perempuan dan lebih menyenangkan bagi suaminya". Hadist ini diriwayatkan oleh Baihaqi, Hakim dari Dhahhak bin Qais. Abu Dawud juga meriwayatkan hadist serupa namun semua riwayatnya dlaif dan tidak ada yang kuat. Abu Dawud sendiri konon meriwayatkan hadist ini untuk menunjukkan kedlaifannya. Demikian dijelaskan oleh Ibnu Hajar dalam kitab Talkhisul Khabir.

Mengingat tidak ada hadist yang kuat tentang khitan perempuan ini, Ibnu Hajar meriwayatkan bahwa sebagian ulama Syafi'iyah dan riwayat dari imam Ahmad mengatakan bahwa tidak ada anjuran khitan bagi perempuan.

Sebagian ulama mengatakan bahwa perempuan Timur (kawasan semenanjung Arab) dianjurkan khitan, sedangkan perempuan Barat dari kawasan Afrika tidak diwajibkan khitan karena tidak mempunyai kulit yang perlu dipotong yang sering mengganggu atau menyebabkan kekurang nyamanan perempuan itu sendiri.

Apa yang dipotong dari perempuan
Imam Mawardi mengatakan bahwa khitan pada perempuan yang dipotong adalah kulit yang berada di atas vagina perempuan yang berbentuk mirip cengger ayam. Yang dianjurkan adalah memotong sebagian kulit tersebut bukan menghilangkannya secara keseluruhan. Imam Nawawi juga menjelaskan hal yang sama bahwa khitan pada perempuan adalah memotong bagian bawah kulit lebih yang ada di atas vagina perempuan.

Namun pada penerapannya banyak kesalahan dilakukan oleh umat Islam dalam melaksanakan khitan perempuan, yaitu dengan berlebih-lebihan dalam memotong bagian alat vital perempuan. Seperti yang dikutib Dr. Muhammad bin Lutfi Al-Sabbag dalam bukunya tentang khitan bahwa kesalahan fatal dalam melaksanakan khitan perempuan banyak terjadi di masyarakat muslim Sudan dan Indonesia. Kesalahan tersebut berupa pemotongan tidak hanya kulit bagian atas alat vital perempuan, tapi juga memotong hingga semua daging yang menonjol pada alat vital perempuan, termasuk clitoris sehingga yang tersisa hanya saluran air kencing dan saluran rahim. Khitan model ini di masyarakat Arab dikenal dengan sebutan "Khitan Fir'aun".

Beberapa kajian medis membuktikan bahwa khitan seperti ini bisa menimbulkan dampak negatif bagi perempuan baik secara kesehatan maupun psikologis, seperti menyebabkan perempuan tidak stabil dan mengurangi gairah seksualnya. Bahkan sebagian ahli medis menyatakan bahwa khitan model ini juga bisa menyebabkan berbagai pernyakit kelamin pada perempuan.

Seandainya hadist tentang khitan perempuan di atas sahih, maka di situ pun Rasulullah s.a.w. melarang berlebih-lebihan dalam menghitan anak perempuan. Larangan dari Rasulullah s.a.w. secara hukum bisamengindikasikan keharaman tindakan tersebut. Apalagi bila terbukti bahwa berlebihan atau kesalahan dalam melaksanakan khitan perempuan bisa menimbulkan dampak negatif, maka bisa dipastikan keharaman tindakan tersebut.

Dengan pertimbangan- pertimbangan di atas beberapa kalangan ulama kontemporer menyatakan bahwa apabila tidak bisa terjamin pelaksanaan khitan perempuan secara benar, terutama bila itu dilakukan terhadap anak perempuan yang masih bayi, yang pada umumnya sulit untuk bisa melaksanakan khitan perempuan dengan tidak berlebihan, maka sebaiknya tidak melakukan khitan perempuan. Toh tidak ada hadist sahih yang melandasinya.

Waktu khitan
Waktu wajib khitan adalah pada saat balig, karena pada saat itulah wajib melaksanakan sholat. Tanpa khitan, sholat tidak sempurna sebab suci yang yang merupakan syarat sah sholat tidak bisa terpenuhi. Adapun waktu sunnah adalah sebelum balig. Sedangkan waktu ikhtiar (pilihan yang baik untuk dilaksanakan) adalah hari ketujuh setelah lahir, atau 40 hari setelah kelahiran, atau juga dianjurkan pada umur 7 tahun. Qadli Husain mengatakan sebaiknya melakuan khitan pada umur 10 tahun karena pada saat itu anak mulai diperintahkan sholat. Ibnu Mundzir mengatakan bahwa khitan pada umut 7 hari hukumnya makruh karena itu tradisi Yahudi, namun ada riwayat bahwa Rasulullah s.a.w.
menghitan Hasan dan Husain, cucu beliau pada umur 7 hari, begitu juga konon nabi Ibrahim mengkhitan putera beliau Ishaq pada umur 7 hari.

Walimah Khitan
Walimah artinya perayaan. Ibnu Hajar menukil pendapat Imam Nawawi dan Qadli Iyad bahwa walimah dalam tradisi Arab ada delapan jenis, yaitu :
1) Walimatul Urush untuk pernikahan;
2) Walimatul I'dzar untuk merayakan khitan;
3) Aqiqah untuk merayakan kelahiran anak;
4).Walimah Khurs untuk merayakan keselamatan perempuan dari talak, konon juga digunakan untuk sebutan makanan yang diberikan saat kelahiran bayi;
5) Walimah Naqi'ah untuk merayakan kadatangan seseorang dari bepergian jauh, tapi yang menyediakan orang yang bepergian. Kalau yang menyediakan orang yang di rumah disebut walimah tuhfah;
6) Walimah Wakiirah untuk merayakan rumah baru;
7) Walimah Wadlimah untuk merayakan keselamatan dari bencana; dan
8) Walimah Ma'dabah yaitu perayaan yang dilakukan tanpa sebab sekedar untuk menjamu sanak saudara dan handai taulan.

Imam Ahmad meriwayatkan hadist dari Utsman bin Abi Ash bahwa walimah khitan termasuk yang tidak dianjurkan. Namun demikian imam Nawawi menegaskan bahwa walimah khitan boleh dilaksanakan dan hukumnya sunnah memenuhi undangan seperti undangan lainnya.

Disusun oleh Ustadz Muhammad Niam dari berbagai sumber.
Website: http://www.pesantrenvirtual. com

26 August 2009

Televisi


التليفزيون وسيلة من الوسائل، فيه خير وفيه شر، والوسائل لها حكم المقاصد دائمًا، فالتليفزيون كالإذاعة ... وكالصحافة .. فيها ما هو طيب وما هو خبيث . وعلى المسلم أن ينتفع بالطيب، وأن يتجنب الخبيث، سواء كان صائمًا أم غير صائم ... ولكن في الصيام، على المسلم أن يحتاط أكثر، حتى لا يفسد صومه، وحتى لا يذهب أجره ويحرم من مثوبة الله عز وجل.

فمشاهدة التليفزيون، لا أقول فيها حلال مطلق ولا حرام مطلق . وإنما يتبع ذلك الشيء الذي يشاهد في هذا الجهاز: فإن كان خيرًا جازت رؤيته، وسماعه، كبعض الأحاديث الدينية، ونشرات الأخبار، والبرامج الموجهة إلى الخير .. وإن كان شرًا كبعض المشاهد الراقصة الخليعة ونحو ذلك، فهذا يحرم رؤيته في كل وقت، ويتأكد ذلك في شهر رمضان.

وبعض المشاهدة تكره رؤيتها وإن لم تصل إلى درجة الحرمة. وكل وسيلة من الوسائل تصد عن ذكر الله فهي حرام ...

21 August 2009

PKSDEMOKRAT


Asww.
Catatan PKS untuk Demokrat

Harapan pemilih pemerintahan SBY bebas dari partai non pendukung Pilpres 2009.


VIVAnews – Kerjasama antara Partai Demokrat dan PDI Perjuangan di pemerintahan dan parlemen belum diumumkan secara terbuka. Tapi, tanda-tanda kedua partai yang selama ini berbeda haluan politik itu akan bergabung, semakin menguat.

Tanda-tanda itu, di antaranya, pertemuan-pertemuan yang dilakukan suami Megawati Soekarnoputri yang juga menjabat posisi Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDI Perjuangan, Taufiq Kiemas, dengan petinggi-petinggi Partai Demokrat.

Kemudian dimunculkannya ke media massa soal menguatnya wacana koalisi kedua partai itu yang agaknya bertujuan untuk mendapatkan respons dari publik Indonesia.

Puncaknya adalah dua hari lalu. Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, bertemu Ketua Umum Partai Demokrat, Hadi Utomo, dan mempublikasikan momentum perjumpaan khusus ini ke media massa.

Menanggapi semakin merapatnya hubungan kedua partai itu, PKS, sebagai partai mitra koalisi Partai Demokrat dalam Pemilihan Presiden 2009, mengatakan memahami keterbukaan yang ditunjukkan Partai Demokrat.

"Kemungkinan pemerintahan SBY lima tahun ke depan ingin agar tidak terlalu terganggu. Apalagi memang ada sinyal PDI Perjuangan sudah bosan jadi oposisi,” kata Mabruri, juru bicara PKS.

Tetapi, PKS juga memberikan catatan penting untuk Partai Demokrat. Dan catatan ini bagi PKS seharusnya diperhatikan betul untuk masa depan mitra koalisi.

Selama ini, kata Mabruri, pemilih menjatuhkan pilihan kepada SBY dengan harapan pemerintahan bebas dari partai-partai selain mitra pendukung dalam Pemilihan Presiden 2009.

“Pandangan masyarakat awalnya seperti itu. Logika-logika politik masyarakat jangan dibodohi, masyarakat sudah cerdas juga,” katanya

PUASA


Asww.Mesir , Saudi Yordan Sudan Malaysia dan Indonesia mengumumkan bahwa Jumát adalah akhir Sya'ban 1430H dan Sabtu adalah awal Ramadhan, termasuk Sunni di iraq Imerat Kuwait dan Palestina.....

أعلنت كلٌّ من مصر والسعودية والأردن والسودان وماليزيا وإندونيسيا والوقف السني بالعراق، والإمارات وقطر والكويت وفلسطين أن غدًا الجمعة هو المتمم لشهر شعبان، وأن يوم السبت المقبل هو أول أيام شهر رمضان المبارك.



بينما أعلنت كلٌّ من تركيا وليبيا إضافةً إلى ألمانيا وإيطاليا وأوكرانيا ورومانيا وبلغاريا ومقدونيا وكوسوفا وصربيا وألبانيا والبوسنة وكرواتيا والجبل الأسود أن اليوم الخميس هو المتمم لشهر شعبان، وأن غدًا الجمعة هو أول أيام شهر رمضان المبارك، وما زالت باقي الدول العربية والإسلامية تتحرى هلال الشهر الكريم حتى كتابة هذه السطور.

الصورة غير متاحة

د. علي جمعة



هذا، وقد قال الدكتور علي جمعة مفتي الديار المصرية: إن رؤية هلال الشهر الكريم لم تثبت بعد غروب شمس اليوم وفق الاشتراطات الشرعية، وعليه فإن غدًا الجمعة هو آخر أيام شهر شعبان، ويكون السبت هو أول أيام شهر رمضان.



في الوقت نفسه أعلنت مديرية الشئون الدينية في تركيا أن غدًا الجمعة أول أيام شهر رمضان المبارك، وأنه سيتم فتح المساجد للمصلين لأداء صلاة التراويح عقب صلاة العشاء اليوم.



وتتفق تركيا في ذلك مع ليبيا التي أعلنت أن اليوم الخميس هو المتمم لشهر شعبان، وأن غدًا الجمعة أول أيام رمضان، وهو ما يخالف العديد من الدول الإسلامية التي أكدت الحسابات الفلكية بها أن الجمعة هو المتمم لشهر شعبان، وأن السبت هو أول أيام شهر رمضان المبارك.



وفي الصين أعلن الشيخ هلال الدين تشين رئيس الجمعية الإسلامية- أعلى سلطة دينية لمسلمي الصين- أن بعد غد السبت أول أيام شهر رمضان المبارك وفقًا للتقويم الصيني، كما أعلنت ماليزيا أن أول أيام شهر رمضان هو السبت.



وموقع (إخوان أون لاين) يتقدم في هذه المناسبة العطرة للأمتَين العربية والإسلامية بخالص التهنئة، داعيًا الله- سبحانه وتعالى- أن يجعله شهرًا مباركًا على المسلمين، وأن يُعيده علينا وقد تحقق نصر الله وتحررت أراضينا المحتلة

18 August 2009

Macammacamibadah


كما أن منها: ما يتمثل في الفعل، كالصلاة والزكاة والحج.

ومنها: ما يتمثل في الترك والكف، وهو الصيام.

على أن هذا الكف والترك ليس أمرًا سلبيًا، فإن الذي جعله عبادة هو أن المسلم يقوم بذلك بإرادته واختياره، قاصدًا التقرب إلى الله تعالى، فهو بهذا عمل بدني، ونفسي إيجابي، له ثقله في ميزان الحق.

16 August 2009

Islam


Politik Islam

Politik Islam adalah aktifitas politik yang didasari oleh nilai/prinsip Islam, baik dari titik tolak (starting point),program, agenda, tujuan, sarana dan lainnya harus sesuai dengan petunjuk Islam. Oleh karenanya, di lapangan, politik Islam harus tampil beda dengan politik non Islam. Jika politik konvensional bisa menggunakan cara apa saja untuk mencapai tujuannya, maka politik Islam tidak boleh demikian. Ada variabel lain yang harus diperhatikan, seperti etika Islam, ketentuan hukum Islam dll.

MacamMacam


Asww.Jundu Ansharullah didirikan di wilayah selatan Gaza pada bulan November 2008 sebagai kelompok pejuang bersenjata Salafy Jihadi dengan berafiliasi ke jaringan Al-Qaidah.

Salafy Jihadi menyerukan untuk kembali ke praktek politik dan moral sesuai dengan pemahaman para "salafus Sholeh".

Pada situs mereka, kelompok ini mengatakan telah bersumpah kepada Allah untuk "Berjuang dalam Jihad atas Aturan Allah" sampai "bendera persatuan tegak" dan ajaran Nabi Muhammad mencapai kemenangan. Dan berkeyakinan hanya Syariat Islam lah satu-satunya sumber perundang-undangan dan keluar dari syariat Islam adalah Murtad.

Kelompok ini juga mengatakan bahwa mereka ingin menyatukan para mujahidin, termasuk Hamas dan Jihad Islam serta para tahanan dari Muslim liberal yang ada di penjara-penjara Israel.

Mereka awal beroperasinya di Rafah dan Khan Younis, dan berkembang cepat dan menyebar di seluruh wilayah Gaza, dan sampai bentrokan berdarah Jumat lalu, mereka mengklaim memiliki 500 anggota, termasuk beberapa pejuang asing yang ikut bergabung.

Mereka mengatakan memiliki basis militer di bekas pemukiman Yahudi Israel, dan telah melakukan beberapa kali penyerangan terhadap pasukan militer Israel.

Pada tanggal 8 Juni lalu, kelompok ini menjadi perhatian publik atas serangan spektakuler mereka terhadap Israel di persimpangan perbatasan perlintasan Karni.

Setidaknya tiga dari pejuang mereka tertembak syahid oleh pasukan Israel dalam penyerangan tersebut.

Pejabat Israel mengatakan bahwa beberapa dari pejuang Jundu Ansharullah memakai ikat pinggang bom dan diduga mereka telah mencoba menculik tentara Israel.

Pejabat Hamas menyebut mereka sebagai "buron" atas serangkaian serangan bom terhadap beberapa Warnet di Gaza yang mereka anggap sebagai sarang amoral, dan sebuah penyerangan pada sebuah pesta pernikahan yang dihadiri oleh pihak keluarga dari pimpinan Fatah tepi Barat, Muhammad Dahlan.

Lima puluh orang terluka dalam serangan tersebut, namun kelompok Jundu Ansharullah menolak bertanggung jawab atas serangan itu, Dan Fatah menuduh dan menyalahkan Hamas sebagai dalang serangan tersebut.

Sebelum terjadi baku tembak di masjid Bin Taymiyah di Rafah, Jundu Ansharullah mengumumkan pada situs dan forum para Jihadis bahwa mereka bertekad akan mendirikan Emirat Islam di jantung kota Baitul Maqdis (Yerusalem).

Pernyataan tersebut juga mendeklarasikan bahwa pemimpin Jundu Asharullah adalah Abdul Latif Musa.

"Para tentara Tauhid tidak akan istirahat..sampai semua tanah kaum muslimin terbebaskan dan sampai Masjid Al-Aqsha bersih dari penodaan yang dilakukan orang Yahudi terkutuk," kata Abdul Latif Musa.

Kelompok ini juga menuntut agar Hamas menghentikan serangan terhadap kelompok mereka dan memberi peringatan bahwa mereka akan melawan jika diserang.(

12 August 2009

PakaianMuslimah


Asww.
Pengelola pada sebuah kolam renang umum di pinggiran kota Paris Emerainville telah menolak seorang Muslimah Perancis untuk masuk ke fasilitas kolam renang tersebut karena menggunakan "Burqini" - pakaian renang yang menutup seluruh tubuhnya.

"Cukup sederhana, ini adalah diskriminasi," kata Muslimah yang nama pertamanya Carole kepada surat kabar Le Parisien pada rabu kemarin (12/8).

"Saya membeli pakaian renang ini dan saya pikir saya dapat menggunakannya di kolam renang, tanpa harus membuka aurat."

Carole telah diizinkan untuk berenang di kolam renang umum di pinggiran kota Emerainville pada bulan Juli lalu dengan mengenakan "Burqini", pakaian renang yang di disain khusus untuk Muslimah yang ingin berenang tanpa harus membuka aurat mereka.

Namun, sewaktu dia kembali ingin berenang pada bulan Agustus ini, pengelola kolam renang tersebut menolak dirinya untuk masuk dan berenang di kolam renang itu.

Daniel Guillaume, salah seorang pihak manajemen kolam renang mengatakan bahwa mereka mengingatkan Carole pada peraturan yang berlaku di semua kolam renang yang melarang berenang dengan masih mengenakan pakaian."

Burqini berasal dari kata Burqa (pakaian yang menutup mulai dari kepala sampai ke kaki) dan Bikini, menyerupai pakaian untuk menyelam dengan kepala yang tertutup.

Pakain ini menutupi seluruh tubuh kecuali kaki, tangan dan wajah.

Biasanya dibuat dari ultraviolet dan polister pelindung air. Pakaian ini cukup rapat dan membuat pemakainya bisa berenang secara leluasa.

Tindakan Hukum

Carole yang merupakan seorang mualaf, telah membawa kasus ini ke pengadilan.

"Saya akan berjuang untuk merubah aturan ini," katanya kepada surat kabar Perancis.

"Dan jika perjuangan saya ini kalah, saya tidak akan meninggalkan Perancis."

Seorang Anggota parlemen komunis - Andre Gerin menyebut "Burqini" sesuatu yang menggelikan sambil mengatakan bahwa pihak pengelola kolam renang telah melakukan sesuatu yang benar.

"Kita tidak bisa mengijinkan hal ini," kata Gerin kepada surat kabar Le Parisien.

"Ini adalah bukti bahwa ada agenda politik dibalik penggunaan pakaian tersebut."

Presiden Nicolas Sarcozy telah menegaskan bahwa pakaian seperti Burqa dan sejenisnya tidak 'diperkenankan' di Perancis, dan menggambarkan hal tersebut sebagai pengekangan terhadap wanita.

Komisi khusus dari 32 anggota parlemen Perancis yang dipimpin oleh Andre Gerin telah menyiapkan suatu rancangan peraturan perundang-undangan yang melarang umat Islam menggunakan Burqa atau Niqab.

Tidak ada angka yang pasti berapa jumlah Muslimah Perancis yang mengenakan pakaian yang menutup seluruh tubuh di seluruh Perancis.

Para pimpinan Muslim Perancis menegaskan bahwa persoalan ini sangat memarjinalkan umat Islam Perancis yang populasinya mendekati 7 juta jiwa dan menjadi minoritas terbesar Muslim di seluruh Eropa.(

11 August 2009

Israel


Menlu Israel Avigdor Lieberman mengisyaratkan penolakannya terhadap proses perdamaian di Timur Tengah. Ia kembali mengajukan persyaratan jika pembicaraan damai Israel-Palestina ingin dilanjutkan. Namun ia menegaskan tetap menolak seluruh tuntutan yang diajukan Palestina, khususnya masalah penghentian pembangunan pemukiman

10 August 2009

Berkemah

Asww.
Aleg parlemen Palestina dari Fraksi Perubahan dan Reformasi, Yunus Al-Asthal menegaskan pentingnya memperhatikan generasi muda melalui program pembinaan dan perkemahan-perkemahan di liburan panjang musim panas seperti sekarang ini. Sebab pemuda adalah penuntun masyarakat dan tiang kekuatannya di masa depan.

Dalam acara penutupan perkemahan bertajuk “Kemenangan Gaza, untuk Kemuliaan Al-Quds” yang diadakan di wilayah barat di Rafah oleh Hamas kemarin Ahad, Asthal mengatakan bahwa kepedulian terhadap pemuda dan pembinaannya dengan cara yang terukur adalah langkah benar menuju pembebasan dan perubahan Palestina. Terutama di tengah serangan sadis Israel terhadap bangsa Palestina yang bertujuan merusak mereka.

Dalam acara itu, hadir sejumlah tokoh, pemimpin dan penyelenggara perkemahan yang jumlahnya 1000 pelajar yang terbagi dalam 8 kemah dari seluruh usia.

Aleg ini menambahkan bahwa, “Hari ini kami membina 1000 pemuda dan dalam beberapa tahun mereka akan menjadi penuntun masyarakat dan tiang kekuatannya,” Dalam kesempatan ini, Asthal berterima kasih kepada penyelenggara perkemahan liburan panjang ini, yang bernuansa Qurani

Sayyidqutub


Asww.
Qardhawi: Quthb Bertanggung Jawab atas Berkembangnya Islam Radikal

Ketua persatuan ulama Muslim internasional, Syekh Yusuf al-Qardhawi, menyatakan pemikiran takfir (pengkafiran pada muslim lain) dalam kitab-kitab Sayyid Quthb sama sekali tidak mencerminkan ajaran Islam Ahlussunnah wal Jamaah yang dianut mayoritas umat Islam di dunia. Pemikiran ini, tambah Qardhawi, juga tidak mencerminkan pemikiran gerakan al-Ikhwan al-Muslimin, karena pemikiran takfir sama sekali tidak selaras dengan pemikiran Ikhwan al-Muslimin.

Pernyataan Qardhawi ini disampaikan dalam dialog dengan Dr. Dhia Rishwan, peneliti gerakan Islam terkemuka asal Mesir, dalam program acara televisi "Manabir wa Madafi" (Mimbar dan Debat) yang disiarkan oleh kanal al-Fara'in Mesir pada Jumat (7/8), sebagaimana dilansir IslamOnline.net.

Dari Moderat ke Konservatif

Menurut Qardhawi, Sayyid Quthb bergabung dan aktif di organisasi Ikhwan al-Muslimin sejak awal tahun 50-an atas dasar ketertarikan dan kekagumanya pada Ikhwan. Pada mulanya, Quthb berpemikiran moderat dan selaras dengan Ikhwan, namun lama kelamaan, Quthb berubah menjadi lebih konserfatif. Perubahan ini terjadi pada akhir-akhir masa hidupnya, khususnya dalam kitab tafsir Fi Dzilal al-Qur'an (Dalam Naungan Alquran) dan kitab Ma'alim fi at-Thariq (Rambu-Rambu Jalan). Perubahan ini juga sangat jelas ketika kita bandingkan Dzilal cetakan pertama dan cetekan keduanya, pada cetakan kedua lah mulai muncul pemikiran hakimiyah (masyarakat hukum) dan jahilyah (masyarakat jahiliyah.

"Ahlussunnah tidak pernah condong kepada takfir, tidak sebagaimana yang sering dilakukan oleh sekte Khawarij," jelas Qardhawi.

Pemikiran takfir tersebut, lanjut Qardhawi, berkembang ketika ia mendekam di penjara. Kondisi ini cukup memengaruhi pemikiranya. Quthb menganggap pemerintah yang ada sebagai komunis dan jauh dari agama.

Meski demikian, jika saja Sayyid Quthb saat itu tidak digantung (pada 29 Agustus 1966) dan diberi kesempatan untuk hidup normal (tidak dalam tekanan politik) dan berbaur dengan masyarakat, kemungkinan pemikiran Quthb akan berubah dan kembali lagi kepada pemikiran moderat.

Quthb dan Pendidikan Ikhwan

Menurut Qardhawi, Sayyid Quthb merupakan salah seorang yang sangat mengagumi sosok Imam Hasan al-Banna, pendiri Ikhwan. Atas ketertarikan ini, Quthb pun menulis buku berjudul Hasan al-Banna wa 'Abqariyyah al-Banna (Hasan al-Banna dan Kejeniusan Seorang Pendiri).

Meski demikian, pada perjalanan selanjutnya, masih menurut Qardhawi, Quthb lebih dipengaruhi oleh pemikiran Abul A'la al-Mawdudi, tokoh Islam sezamannya dari Pakistan.

Namun menurut Qardhawi pemikiran takfir dan tajhil (menganggap masyarakat Islam saat ini adalah jahiliyyah) sangat berbeda dengan pemikiran Mawdudi sendiri.

"Pemikiran Quthb lebih kepada pencampuran antara Ikhwan, Salafi, dan Jihadi," jelas Qadhawi.

"Sayyid Quthb adalah sastrawan, pemikir, cendikiawan, penafsir, dan tokoh Islam terbesar pada masanya," terang Qardhawi. Namun, tambah Qardhawi, Quthb adalah orang yang paling bertanggung jawab atas berkembangnya aliran pemikiran radikal yang sekarang marak di kalangan sebagian umat Islam.

04 August 2009

Dymona


Asww.
في مفاجأةٍ مدويةٍ كشفت وثائق جديدة نُشِرَت في الضفة الغربية المحتلة للمرة الأولى أنَّ مذكرات التحقيق التي أُجريت عام 1997م مع بعض معتقلي كتائب الشهيد عز الدين القسام، الجناح العسكري لحركة المقاومة الإسلامية حماس، ذكرت أن الحركة نجحت في اختراق الجهاز الأمني الصهيوني حول مفاعل ديمونة النووي.



وذكرت هذه الوثائق التي اطَّلع عليها (إخوان أون لاين) أن حماس تمكَّنت من التواصل مع خبير النووي الصهيوني مردخاي فعنونو، وحصلت منه على بعض المعلومات حول كيفية تحضير المواد الكيماوية التي تدخل في صناعة المواد المتفجرة الفتاكة، بالإضافة إلى تلقِّي كتائب القسام معلوماتٍ مهمةً وحساسةً عن مفاعل ديمونة النووي جنوب فلسطين المحتلة عام 48.



وكشفت المذكرات أنَّ قيادة حركة حماس في سجن عسقلان المركزي هي من نقلت هذه المعلومات من فعنونو إلى قائد كتائب القسام في حينه الشهيد عادل عوض الله.



وذكر مصدر فلسطيني مطلع أن قيادة حماس في سجن عسقلان استفادت من مدى كراهية فعنونو للسلطات الصهيونية؛ حيث قامت بالتواصل معه أثناء خروجه لساحة "الفورة" في السجن، وهي نفس الساحة التي كان يستخدمها معتقلو حركة حماس، ولكن في أوقاتٍ مختلفةٍ.



وبيَّن المصدر، الذي اشترط عدم ذكر اسمه، أن التواصل مع فعنونو كان عبر الرسائل المتبادلة التي كانت توضع في أماكنٍ محددةٍ أو ما يُعرف بـ"النقاط الميتة" في الساحة؛ حيث جرى تبادل هذه الرسائل مرات عدة، وقد أبدى فعنونو تعاونه مع حركة حماس، وأمدَّ الحركة بمعلومات مهمة عن مفاعل ديمونة، بالإضافة إلى طريقة تحضير القنابل الجرثومية باستخدام موادٍ أوليةٍ بسيطةٍ ومتوفرةٍ.



وأكد المصدر أن كتائب القسام وصلت إلى مراحل متقدمة في تحضير هذا النوع من القنابل، لولا عملية اغتيال الشهيد عادل عوض الله، الذي كان يعدُّ أحد خبراء الكتائب في إعداد القنابل المتفجرة.



وكان فعنونو- وهو يهودي مغربي الأصل- قد كشف أسرار الترسانة النووية الصهيونية عبر صحيفة (صنداي تايمز) البريطانية عام 1986م.



وعندما علمت السلطات الصهيوني بتسريب هذه المعلومات النووية عن طريق فعنونو، تمَّ اختطافه بواسطة عملاء الموساد بطريقةٍ سريةٍ، ووُضِعَ في السجن لمدة 18 سنة، قضى 11 سنة منها في السجن الانفرادي، ثم أُطلق سراحه في 21 أبريل من العام 2004م، ولا يزال يخضع حتى اليوم لكثير من القيود حول سفره وعلاقته مع وسائل الإعلام أو حتى التحدث عبر الهاتف.