28 January 2009

Protes


Asww.
Ketua Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Mohammed ElBaradei menolak permintaan wawancara BBC sebagai bentuk protes atas penolakan BBC menayangkan iklan penggalangan dana kemanusiaan untuk Gaza.

Menurut Juru Bicara IAEA Melissa Fleming, ElBaradei merasa terusik dengan keputusan manajemen BBC yang menolak tayangan iklan tersebut. "Oleh sebab itu, ElBaradei memutuskan untuk menolak wawancara itu, menolak untuk ambil bagian dengan BBC dan juga meminta agar hal ini diumumkan pada publik," jelas Fleming.

Fleming menambahkan,"Dia (ElBaradei) meyakini, ketika manusia menjadi korban dalam sebuah konflik maka mereka harus bisa mendapatkan bantuan kemanusiaan dan dengan menayangkan iklan bantuan kemanusiaan itu, Anda sedang tidak membuat sebuah pernyataan soal siapa yang salah dan siapa yang benar."

Menurut Flemming, ElBaradei sudah melihat rekaman video berdurasi tiga menit, yang dijadikan iklan penggalangan dana DEC. Dalam rekaman itu terlihat kaum perempuan Palestina dan anak-anak menangis di tengah reruntuhan banguan akibat bombadir pasukan Israel yang berlangsung selama 22 hari. Warga Gaza itu berusaha mencari tempat berlindung dan bahan makanan.

BBC dan Sky News, dua stasiun televisi Inggris yang mengudara selama 24 jam sepekan belakangan ini menuai kecaman dan aksi protes karena menolak menayangkan iklan bantuan kemanusiaan untuk Gaza yang digagas oleh Disasters Emergency Committee (DEC), sebuah koalisi 13 organisasi kemanusiaan di Inggris yang bekerja di daerah-daerah konflik di berbagai belahan dunia.

Karena menuai kecaman, tiga stasiun televisi komersial di Inggris yaitu ITV, Channel 4 dan Channel 5 akhirnya menayangkan iklan tersebut pada Senin malam. Setelah penayangan iklan itu, donasi yang diterima DEC meningkat dua kali lipat dan jumlahnya mencapai lebih dari 1 juta poundsterling. (ln/aby)

No comments: