08 August 2010

PROMASJID


K - Sekelompok aktivis Yahudi dan tokoh masyarakat menyuarakan dukungan mereka bagi sebuah masjid yang direncanakan berdiri di dekat Ground Zero. Di antara para pendukung itu ada beberapa agamawan Yahudi atau rabbi yang cukup terpandang di New York.

Rabbi Arthur Waskow, dari Shalom Center Philadelphia bergabung dengan sekitar 30 pemimpin agama lain dan aktivis Yahudi Kamis. Mereka menyuarakan dukungan bagi Cordoba Initiative, lembaga yang memprakarsai pendirian masjid itu. Ia setuju dengan pendirian masjid itu, karena tak hanya menyediakan masjid, di lokasi itu juga akan menjadi area kegiatan warga sekaligus membantu orang belajar lebih banyak tentang Islam.

"Setiap kali ada pertumpahan darah atas nama agama, penting untuk mengatakan, tak ada satu agamapun yang mendukung kekerasan, termasuk Islam," ujarnya. "Inisiatif Cordoba akan selalu mengatakan bahwa kekerasan adalah bukan tentang Islam."

Mesjid dan pusat komunitas akan terletak dua blok dari lokasi serangan 11 September 2001. SoHo Properties, sebuah mitra usaha, telah membeli properti itu senilai hampir 5 juta dolar AS. Sedang untuk pembangunannya, diperlukan dana sedikitnya 100 juta dolar AS.

Sejumlah tokoh Partai Republik, termasuk mantan Gubernur Alaska, Sarah Palin dan mantan Ketua DPR Newt Gingrich mengkritik rencana tersebut, mengatakan bahwa hal itu sangat provokatif, karena masjid akan dibangun begitu dekat dengan tempat teroris Islam membunuh ribuan rakyat Amerika. Anggota Partai Republik lainnya, Rick Lazio, yang tengah berjuang mengumpulkan suara untuk pencalonannya sebagai Walikota New York, telah mempertanyakan dari mana dana untuk proyek ini berasal.

Liga Anti-Fitnah (ADL), sebuah kelompok hak asasi sipil Yahudi dikenal untuk advokasi kebebasan beragama, juga menentang proyek tersebut. "Ini bukan soal hak, tetapi pertanyaan tentang apakah mereka berhak," kata ADL dalam sebuah pernyataan. "Dalam penilaian kami, membangun pusat Islam di bawah bayang-bayang World Trade Center akan menyebabkan beberapa korban lebih sakit dan hal itu sangat tidak perlu." Pada hari Rabu, sebuah kelompok advokasi konservatif menuntut untuk menghentikan proyek.

Waskow sebelumnya dikenal sebagai seorang aktivis anti-perang yang mengecam Israel dan melobi untuk sebuah negara Palestina yang merdeka. Pada banyak kesempatan, ia menyatakan kecewa dengan oposisi ADL atas Masjid Ground Zero itu. "Saya benar-benar terkejut bahwa Liga Anti-Fitnah membuka pintu kebencian seperti itu," katanya.

Pada rapat umum hari Kamis, para pemimpin Yahudi berdoa, bernyanyi, dan memberikan cinderamata kepada Daisy Khan, salah satu pendiri dari Cordoba Initiative. Mereka mengatakan ratusan orang telah menandatangani pernyataan dukungan online bagi masjid itu.

Khan mengatakan pusat "akan didedikasikan untuk perdamaian, toleransi dan saling pengertian." Dia mengucapkan terima kasih kepada para pendukung rencana itu, termasuk Walikota New York Michael Bloomberg dan Gubernur Massachusetts, Deval Patrick

No comments: