16 April 2010

GERAKANISLAM


Penggulingan Presiden Kyrgizstan, Kurmanbek Bakiyev membenarkan sebuah pepatah lama: Semua rezim otoriter akhirnya digulingkan oleh gelombang kemarahan publik jika mereka tidak mampu memecahkan masalah politik internal secara damai, dan tidak mendorong modernisasi politik dan sosial-ekonomi.

Pada saat yang sama, pemberontakan di Kyrgyzstan adalah tanda buruk bagi rezim-rezim lain di Asia Tengah, pertama-tama Uzbekistan, Tajikistan dan Turkmenistan. Ada alasan untuk menganggap bahwa pemberontakan publik hanyalah soal waktu saja, kecuali jika pemerintah yang bersangkutan mengubah kebijakan mereka. Selain itu, oposisi di Kyrgyzstan beraliran sekuler, sementara pasukan oposisi di atas tiga negara itu cenderung memilih Islam sebagai basis pergerakannya.

Para pengamat setuju bahwa gerakan-gerakan Islam yang berbeda di Asia Tengah berada dalam struktur yang stabil yang didukung oleh masyarakat, tidak seperti pemerintahnya yang cenderung tidak populis.

Islam juga telah mencapai kesuksesan besar di wilayah lainnya di Asia Tengah.

Ada beberapa pemain yang mungkin melihat pemberontakan Kyrgyz sebagai ajakan untuk bertindak.Yang paling penting dari mereka adalah Hizbut Tahrir, yang memiliki lebih dari 20.000 pendukung di daerah tersebut. Tujuannya adalah untuk menggabungkan semua negara Muslim di negara kesatuan Islam (khalifah) memerintah dengan hukum Islam (Syariah), dan dengan kepala negara khalifah yang dipilih oleh umat Islam.

Hizbut Tahrir menolak penggunaan kekuatan militer terhadap pemerintah. Revolusi pertama di wilayah ini ini adalah sebuah keyakinan gerakan tersebut bahwa pemerintah daerah dapat digulingkan melalui ketidakpatuhan publik, yang dibuktikan dengan pemberontakan di Kyrgyzstan. Meskipun para pendukung Hizbut Tahrir tidak menganut ide jihad global, mereka mungkin akan tidak menolak kemungkinan perlawanan militer, tapi hanya untuk melindungi umat Islam.

Ada juga Akromiya, yang mencoba memanfaatkan celah "rekayasa social," sebuah organisasi yang dibentuk di Fergana Valley di Uzbekistan pada tahun 1996. Mereka menjalankan bisnis lokal dan kebijakan kota dalam rangka menjalankan perintah Islam.

Tidak seperti Akromiya, Hizb un-Nusrat yang anggotanya terdiri dari mereka yang sudah terbukti diuji resistensi Islam.

Organisasi lain yang adalah Jamaat Tabligh, sebuah gerakan keagamaan transnasional yang didirikan di India pada 1920-an. Kiprah mereka di Asia Tengah bukanlah sesuatu yang main-main.

Gairah besar juga datang dari Gerakan Islam Uzbekistan (IMU), Gerakan Jihad Islam (IJM), dan kelompok-kelompok militan Oposisi Serikat Tajikistan, yang telah berperang di Afghanistan dan atau Pakistan dalam sepuluh tahun terakhir.

Meskipun tujuan mereka lentur dan kompromis terhadap perubahan waktu dan perkembangan zaman, mereka masih bersemangat dalam menjalankan semua pergerakannya selama ini. Tahir Yuldashev (IMU), Abdullo Rakhimov (bidang oposisi mantan komandan dalam perang sipil Tajik setelah kemerdekaan) dan para pemimpin lainnya telah memberikan kontribusi yang besar untuk memperjuangkan Islam di luar negara mereka dan sekarang dapat memulai perjuangannya di rumah sendiri.

Organisasi gerakan Islam sudah mempersiapkan perjuangan panjang tetapi efektif terhadap rezim-rezim di Asia Tengah. Perjuangan mereka jelas tidak mudah karena kaum revolusioner Islam itu tahu, negara-negara regional dimana mereka tinggali, terbelakang secara sosial dan ekonomi, dan elit mereka sangat korup.

Inilah sebabnya mengapa pemerintah Asia Tengah khawatir dengan strategi baru Washington, yang berencana untuk menangani Afghanistan langsung ke tingkat daerah yang terkecil mulai 2011 nanti.

Para elit daerah telah berpikir keliru, bahwa Afghanistan bertanggung jawab untuk semua masalah mereka. Itu tidak benar; perang Amerika Serikat di Afghanistan telah menarik semua sumber daya Islam jauh dari Asia Tengah. Ketika mereka kembali ke daerah mereka sendiri, itu akan menjadi pusat baru perjuangan Islam.

No comments: