18 December 2008

PEREMPUAN


Asww.
PKS mengajak kaum perempuan untuk lepas dari berbagai macam persoalan tersebut untuk kemudian menjadi perempuan yang sehat, cerdas, dan sejahtera.
Perempuan PKS menggelar aksi simpatik pada hari Kamis, 18 Desember di depan Grahadi Surabaya. Aksi simpatik ini bertujuan untuk mengajak kaum ibu dan perempuan untuk Sehat, Cerdas, dan Sejahtera. Aksi simpatik ini digelar untuk mengawal Momentum 80 Kebangkitan Perempuan dan Momentum Hari Ibu yang bertepatan dengan tanggal 22 Desember nanti. Aksi simpatik diikuti oleh perempuan PKS yang juga para Calon anggota legislatif (caleg) PKS. Sedangkan aksi dipimpin oleh Karuniawati, Ketua Bidang Kewanitaan sekaligus caleg untuk dapil 9 jatim.

Kaum ibu dan perempuan di Indonesia masih berada dalam kondisi yang rendah kualitasnya. Pada tahun 2005 Indeks pembangunan gender Indonesia berada pada peringkat 107 dengan indeks 0,721 (nilai tertinggi 10). Begitu pula angka indeks pemberdayaan gender tahun 2004 adalah 0,546. Belum lagi masih tingginya angka kemiskinan di Indonesia termasuk kaum perempuan. Kemiskinan kaun perempuan ditandai dengan rendahnya kualitas hidup, rendahnya peran perempuan diranah publik, rendahnya pendidikan tinggi perempuan, meningkatnya kekerasan terhadap perempuan. Kondisi kaum ibu juga tidak jah berbeda, angka kematian ibu di Indonesia pada tahun 2007 adalah sebesar 248 per 100.000 kelahiran hidup.

Oleh karena itu, Perempuan PKS, mengajak kaum perempuan untuk lepas dari berbagai macam persoalan tersebut untuk kemudian menjadi perempuan yang sehat, cerdas, dan sejahtera. Perempuan PKS mengusulkan perlunya peningkatan pendidikan formal untuk kaum perempuan. Pemerintah harus memastikan pendidikan murah dan berkualitas bagi kaum perempuan, memastikan semua anak perempuan indonesia dipastikan dapat mengenyam wajib belajar 12 tahun, memberikan porsi untuk pemberian beasiswa pendidikan nasional untuk kaum perempuan berprestasi. Selain itu, mengusulkan program penyediaan layanan gratis bagi ibu hamil disetiap puskesmas, penyebaran secara meratatenaga medis.

Terakhir, Perempuan PKS mempunyai komitmen untuk memperjuangkan peningkatan anggaran berbasis gender menjadi 10% dari seluruh nilai anggaran untuk mewujudkan perempuan cerdas, sehat, dan sejahtera. Sekaligus menyatakan perang terhadap korupsi.

Selain agenda aksi simpatik, PKS Jatim mengagendakan penganugerahan award kepada 8 inspiring women pada hari Sabtu, 20 desember. Serta menggelar serentak aksi Pos Wanita Keadilan (PWK) berupa layanan kesehatan dan konsultasi keluarga kepada kaum perempuan di seluruh Jawa Timur.

No comments: