19 May 2008

Tanya Jawab Masalah Fikih


Asww.
zikir sesudah shalat jumat

Pertanyaan:

Assalamu alaikum wr wb.
Apakah zikir yang dibaca Nabi saw setelah shalat jumat sama dengan setelah shalat fardlu yang lima ? Yang saya ketahui di masyarakat biasanya tidak sama. Biasanya diawali dengan membaca Al Fatihah, Al Ikhlash dll sebanyak tujuh kali. Mohon penjelasan Ustadz. Terima kasih.
Wassalam wr.wb
Abdul AzizJawaban:
Assalamu alaikum wr.wb.
Bismillahirrrahmanirrahim. Alhamdulillahi Rabbil alamin washshalatu wassalamu ala asyrafil anbiya wal mursalin. wa ala alihi wa shahbihi ajmain wa ba'du:
Zikir sesudah shalat jumat secara umum sama dengan zikir yang kita baca sesudah shalat lima waktu lainnya. Artinya tidak ada bacaan khusus yang dibaca sesudah jumat. Adapun membaca surat al-ikhlas, al-falaq, dan an-nas sebanyak tujuh kali, memang ada riwayat di mana Nabi saw bersabda,

من قرأ بعد صلاة الجمعة { قل هو الله أحد } و { قل أعوذ برب الفلق } و { قل أعوذ برب الناس } سبع مرات أعاذه الله بها من السوء إلى الجمعة الأخرى .
"Siapa yang sesudah shalat jumat membaca qul huwallahu ahad, qul audzu bi Rabbil falaq, dan qul audzu birabbin nas sebanyak tujuh kali, Allah lindungi orang tersebut dari keburukan hingga jumat berikutnya."

Hadits di atas di takhrij oleh al-Imam as-Suyuthi dan oleh al-Albani dianggap sebagai hadis dhaif atau lemah.

Wallahu a'lam bish-shawab.

Wassalamu alaikum wr.wb.

No comments: